Computer Based Information System (CBIS)


Computer Based Information System (CBIS)

A.    Definisi CBIS
Menurut Fatihudin dan Firmansyah (2019), Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
Menurut Oz (2009), sistem informasi berbasis komputer meliputi hampir setiap aspek kehidupan kita. Kemampuannya untuk membantu memecahkan masalah dan memandu keputusan membuat mereka sangat diperlukan dalam bisnis dan manajemen. Sistem informasi berbasis komputer mengambil data sebagai bahan baku, mengolah data, dan menghasilkan informasi sebagai output.
B.     Area Tingkatan Aplikasi Pada CBIS
Menurut Patma, Maskan, dan Utaminingsih (2018), CBIS meliputi empat area tingkatan, yaitu:
1.      TPS (Transaction Processing System)
Sistem informasi yang menggunakan komputerasi untuk membentuk dan mencatat transaksi penting harian yang bersifat rutin, untuk kepentingan pelaksanaan bisnis. Sistem ini adalah sistem bisnis dasar yang melayani level operasional organisasi. Contoh, catatan tentang penjualan, sistem reservasi hotel, daftar gaji, catatan karyawan dan shifting.
2.      SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Merupakan sistem informasi yang mengolah data menjadi informasi dalam bentuk laporan guna membantu proses pengambilan keputusan, dan meningkatkan kualitas manajerial.
Karakteristik SIM adalah mendukung keputusan yang terstruktur dari level operasi dan kontrol manajemen, orientasi pada pelaporan dan pengendalian, menyajikan data perusahaan dan aliran data, memiliki kapasitas analisis yang rendah, membantu penggunaan pembuatan keputusan masa lalu dan data sekarang, relatif tidak fleksibel, orientasinya lebih ke internal daripada ke eksternal.
3.      SPK (Sistem Pendukung Keputusan)
Merupakan peningkatan dari SIM dengan penyediaan prosedur-prosedur khusus, dan pemodelan yang unik yang akan membantu manajer dalam memperoleh alternatif-alternatif keputusan.
Sistem pendukung keputusan membantu pembuatan keputusan manajemen dengan mengkombinasikan data, alat-alat, dan model-model analitis yang canggih, dan software (program) yang mudah dijalankan oleh pemakai ke dalam sebuah sitem yang sangat bermanfaat yang dapat mendukung pembuatan keputusan yang semi terstruktur maupun tidak terstruktur.
Karakteristik SPK antara lain: fleksibel, adaptif dan memiliki respon yang cepat bagi user, pengoperasiannya mudah bagi user serta menggunakan analisis data yang canggih.
4.      Sistem Informasi e-Bussiness
Sistem informasi yang dibangun untuk menjawab tantangan pengintegrasian data dan informasi dari proses bisnis berbasis internet. Merupakan sistem informasi gabungan dari komputerisasi dengan telekomunikasi yang dikenal dengan teknologi komunikasi data (internet), yaitu pengintergrasian antara aliran informasi trans departemental, regional, dan enterprise internasional.
C.     Ancaman Keamanan Terhadap CBIS
Menurut Umar (2005), ancaman utama terhadap bidang-bidang penting CBIS, yaitu:
1.      Akses yang tidak sah untuk mendapatkan keuntungan keuangan atau tujuan lainnya yang bersifat ilegal
2.      Penyisipan virus secara sengaja atau tidak sengaja ke dalam sistem operasi
3.      Hilangnya data karena sistem yang tidak berfungsi
D.    Jenis-jenis Validasi Pada CBIS
Menurut Gaol (2008), terdapat jenis-jenis validasi pada CBIS, diantaranya sebagai berikut.
1.      Validasi dalam Sistem Real Time
Merupakan pemrosesan batch dengan file master berakses langsung yang dapat memvalidasi data di tahap input.
2.      Validasi dalam Sistem Akses Langsung Batch
Merupakan pemrosesan batch dengan file berurutan, record transaksi yang divalidasi harus terlebih dahulu diurutkan dalam urutan yang sama dengan file masternya.
E.     Komponen CBIS
Komponen-komponen CBIS seperti yang ada pada gambar berikut.

(Sumber: google)


DAFTAR PUSTAKA
Fatihudin, D., Firmansyah, A. (2019). Pemasaran jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.
Gaol, C.J.L. (2008). Sistem informasi manajemen: pemahaman dan aplikasi. Jakarta: Grasindo.
Oz, F. (2009). Management information systems. Boston: Course Technology.
Patma, T.S., Maskan, M., Utaminingsih, A.(2018). Sistem informasi manajemen: guna mendukung keputusan. Malang: UPT Percetakan dan Pnerbitan Polinema.
Umar, H. (2005). Evaluasi kinerja perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Komentar

Postingan Populer