Computer Based Information System (CBIS)
Computer Based Information System (CBIS)
A.
Definisi
CBIS
Menurut Fatihudin
dan Firmansyah (2019), Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem
Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah
informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan
keputusan.
Menurut Oz (2009),
sistem informasi berbasis komputer meliputi hampir setiap aspek kehidupan kita.
Kemampuannya untuk membantu memecahkan masalah dan memandu keputusan membuat
mereka sangat diperlukan dalam bisnis dan manajemen. Sistem informasi berbasis
komputer mengambil data sebagai bahan baku, mengolah data, dan menghasilkan
informasi sebagai output.
B.
Area
Tingkatan Aplikasi Pada CBIS
Menurut Patma, Maskan, dan Utaminingsih (2018), CBIS
meliputi empat area tingkatan, yaitu:
1.
TPS
(Transaction Processing System)
Sistem informasi yang menggunakan komputerasi untuk
membentuk dan mencatat transaksi penting harian yang bersifat rutin, untuk
kepentingan pelaksanaan bisnis. Sistem ini adalah sistem bisnis dasar yang
melayani level operasional organisasi. Contoh, catatan tentang penjualan,
sistem reservasi hotel, daftar gaji, catatan karyawan dan shifting.
2.
SIM
(Sistem Informasi Manajemen)
Merupakan sistem informasi yang mengolah data menjadi
informasi dalam bentuk laporan guna membantu proses pengambilan keputusan, dan
meningkatkan kualitas manajerial.
Karakteristik SIM adalah mendukung keputusan yang
terstruktur dari level operasi dan kontrol manajemen, orientasi pada pelaporan
dan pengendalian, menyajikan data perusahaan dan aliran data, memiliki
kapasitas analisis yang rendah, membantu penggunaan pembuatan keputusan masa
lalu dan data sekarang, relatif tidak fleksibel, orientasinya lebih ke internal
daripada ke eksternal.
3.
SPK
(Sistem Pendukung Keputusan)
Merupakan peningkatan dari SIM dengan penyediaan
prosedur-prosedur khusus, dan pemodelan yang unik yang akan membantu manajer
dalam memperoleh alternatif-alternatif keputusan.
Sistem pendukung keputusan membantu pembuatan keputusan
manajemen dengan mengkombinasikan data, alat-alat, dan model-model analitis
yang canggih, dan software (program) yang mudah dijalankan oleh pemakai ke
dalam sebuah sitem yang sangat bermanfaat yang dapat mendukung pembuatan
keputusan yang semi terstruktur maupun tidak terstruktur.
Karakteristik SPK antara lain: fleksibel, adaptif dan
memiliki respon yang cepat bagi user, pengoperasiannya mudah bagi user serta
menggunakan analisis data yang canggih.
4.
Sistem
Informasi e-Bussiness
Sistem informasi yang dibangun untuk menjawab tantangan
pengintegrasian data dan informasi dari proses bisnis berbasis internet.
Merupakan sistem informasi gabungan dari komputerisasi dengan telekomunikasi
yang dikenal dengan teknologi komunikasi data (internet), yaitu
pengintergrasian antara aliran informasi trans departemental, regional, dan
enterprise internasional.
C.
Ancaman
Keamanan Terhadap CBIS
Menurut Umar (2005), ancaman utama terhadap bidang-bidang
penting CBIS, yaitu:
1.
Akses
yang tidak sah untuk mendapatkan keuntungan keuangan atau tujuan lainnya yang
bersifat ilegal
2.
Penyisipan
virus secara sengaja atau tidak sengaja ke dalam sistem operasi
3.
Hilangnya
data karena sistem yang tidak berfungsi
D.
Jenis-jenis
Validasi Pada CBIS
Menurut Gaol (2008), terdapat jenis-jenis validasi pada
CBIS, diantaranya sebagai berikut.
1.
Validasi
dalam Sistem Real Time
Merupakan pemrosesan batch dengan file master berakses
langsung yang dapat memvalidasi data di tahap input.
2.
Validasi
dalam Sistem Akses Langsung Batch
Merupakan pemrosesan batch dengan file berurutan, record
transaksi yang divalidasi harus terlebih dahulu diurutkan dalam urutan yang
sama dengan file masternya.
E.
Komponen
CBIS
Komponen-komponen CBIS seperti yang ada pada gambar
berikut.
(Sumber: google)
DAFTAR PUSTAKA
Fatihudin, D., Firmansyah, A. (2019). Pemasaran jasa (strategi, mengukur
kepuasan dan loyalitas pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.
Gaol,
C.J.L. (2008). Sistem informasi manajemen: pemahaman dan aplikasi. Jakarta:
Grasindo.
Oz,
F. (2009). Management information systems. Boston: Course Technology.
Patma, T.S., Maskan, M., Utaminingsih, A.(2018). Sistem informasi
manajemen: guna mendukung keputusan. Malang: UPT Percetakan dan Pnerbitan
Polinema.
Umar,
H. (2005). Evaluasi kinerja perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Komentar
Posting Komentar